Karir Manusia dalam ancaman Robot ~ Potret Alam

Karir Manusia dalam ancaman Robot

Robot adalah salah satu ciptaan manusia yang paling canggih saat ini. Ironisnya, dari hari kehari kreasi manusia ini semakin canggih dan mengambil alih pekerjaan manusia. Para pakar teknologi pun khawatir akan perkembangan yang bisa menyulitkan manusia ini.
Berdasarkan penelitian Bank of America Marrill Lynch, ada empat negara di dunia yang pertumbuhan jumlah robotnya sangat pesat. Robot-robot tersebut mayoritas tergolong jenis robot operasional di kawasan industri.
Berdasarkan survei robot industri terakhir di tahun 2012 lalu, Jepang menjadi negara dengan jumlah robot terbanyak di angka 310.508. Tentu jumlah ini kini bisa jadi sudah bertambah mengingat di awal tahun 2016 lalu saja ada sebuah hotel di Nagasaki yang seluruh pegawainya adalah robot. Berikut adalah negara-negara dengan robot terbanyak.
  1. Jepang - 310.508 unit
  2. Amerika - 168.623 unit
  3. Jerman - 161.988 unit
  4. Korea Selatan - 138.883 unit
  5. China - 96.924 unit
Berdasarkan prediksi ilmuwan, pada tahun 2020 nanti jumlah robot membludak dan menambah angka pengangguran hingga 7 juta jiwa. Celakanya, 2 jutanya angka pengangguran itu ada di negara-negara berkembang dan maju.

Tidak hanya pekerjaan, robot juga berpeluang mengambil alih olahraga manusia. Tentu kita masih ingat beberapa waktu lalu ada robot golf yang bisa menirukan pukulan hole-in-one legendaris Tiger Wood hingga program kecerdasan buatan Google 'AlphaGo' yang sukses mengalahkan grandmaster catur China Go 4 kali!
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment