Waktu Yang Butuhkan Tubuh Pencernaan ~ Potret Alam

Waktu Yang Butuhkan Tubuh Pencernaan

Temen temen bloger mungkin udah sering baca artikel kesehatan namun mungkin hanya sekilas saja, cobadah baca semaua sampai selesai terutama buat kita yang memang aktifitasnya hanya duduk didepan Monitor, karna ini sangata penting terutama untuk kesehatan terutama soal pencernaan. pernah ada pikiran sebenarnya berapa   waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perjalanan makanan yang masuk sampai keluar ?  Ternyata, ada batas atas dan bawah pada waktu yang dibutuhkan untuk pencernaan makanan.

Berapa Lamakah waktu yang dibutuhkan untuk mencerna Makanan
Setelah anda menelan makanan melalui mulut, dibutuhkan beberapa jam bagi makanan untuk perjalanan melalui berbagai komponen sistem pencernaan. Bahkan, proses pencernaan dimulai sebelum anda mengkonsumsi makanan! Sama seperti proses lain dalam tubuh, proses pencernaan juga dikendalikan oleh otak. Ketika anda akan mengkonsumsi makanan, otak anda mengirimkan sinyal ke sistem pencernaan (lambung dan usus) untuk siap mencerna makanan. Ketika anda mengunyah makanan, air liur di mulut anda bercampur dengan makanan dan melepaskan berbagai enzim pencernaan. Air liur memfasilitasi pendorongan makanan melalui esofagus sebagai pelumas. Efek yang sama dapat dicapai dengan air.
    Setelah makanan perjalanan ke lambung melalui kerongkongan, makanan tetap berada di dalam perut selama 3 sampai 4 jam. Perut menghasilkan berbagai cairan pencernaan dan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Cairan dan enzim tersebut juga berfungsi mencampur makanan dan memperluas otot perut. Campuran ini kemudian diteruskan ke usus, di mana ia menghabiskan waktu 6 sampai 7 jam.

Waktu yang dibutuhkan untuk Pencernaan Sempurna
Penyerapan nutrisi berlangsung di usus setelah itu dikirim untuk ekskresi. Fungsi usus besar adalah menyerap air dari bahan limbah makanan dan mempersiapkannya untuk ekskresi. Makanan yang sudah tercerna tetap berada di dalam usus sampai dikeluarkan. Dengan demikian, semua proses pencernaan selesai dalam waktu 12 sampai 24 jam.

       Rata-rata waktu yang diperlukan adalah 24 sampai 72 jam untuk mencerna makanan secara sempurna. Bahkan mungkin beberapa hari sebelum semua makanan dapat dikeluarkan dari tubuh. Waktu yang dibutuhkan untuk pencernaan makanan sangat bergantung pada jenis makanan yang anda konsumsi. Makanan seperti steak memakan waktu sekitar 3 sampai 5 hari untuk dicerna. Demikian pula makanan tepung putih juga membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar dicerna dari tubuh. Makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh.

Mengetahui waktu yang dibutuhkan tubuh anda dalam mencerna makanan adalah penting untuk memprediksi tentang kesehatan umum anda. Jika anda terlalu sering duduk di kursi, berarti tubuh anda tidak menyerap nutrisi yang cukup. Demikian pula jika tubuh anda membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengeluarkan zat sisa (feses), bisa jadi anda mengidap penyakit usus dimana zat sisa berada di dalam usus besar untuk waktu terlalu lama. Anda dapat memeriksa waktu pencernaan dengan makan 3 sampai 4 bit dalam makanan anda. Karena bit mengubah kotoran anda berdarah merah, setelah itu hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai anda mengeluarkan feses merah. Jika anda mengalami mencret, anda dapat mencoba mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran yang dicampur. Serat dalam makanan ini menyerap air dalam mencret. Diet tinggi serat juga merupakan obat untuk sembelit sebagai serat membantu dalam pembentukan lebih besar dan tinja lebih lunak. Namun, penting untuk minum air yang cukup karena serat bekerja hanya ketika tubuh memiliki cadangan air yang baik.

Penyakit tertentu dapat menyebabkan sistem pencernaan bergerak terlalu cepat atau terlalu lambat. Demikian pula makanan tinggi gula, alkohol, makanan dan makanan olahan juga dapat menghambat fungsi sistem pencernaan. Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki sistem pencernaan yang sehat, maka anda perlu menerapkan pola makan yang tepat.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment